Rabu, 04 Mei 2011

Misteri Panglima Burung Panglima Perang Orang Dayak



Hai bro beberapa hari ini kita diramaikan berita tentang kematian orang yang paling di buru di muka bumi ini oleh Amerika yaitu Osama bin laden, kenapa jadi rame ya bro, mungkin karena kontroversi perlakuan jasad obama yang di benamkan kelaut dan juga foto-foto yang beredar di media masa di yakini palsu, ahh nggk habis-habis membahas masalah tersebut ya bro, sekarang kita ke misteri yang satu ini dulu ya bro, up,s mengenai foto panglima burung yang di atas, itu palsu bro..nggk papakan, seep langsung aja ya.



Dalam masyarakat Dayak, dipercaya ada suatu makhluk yang disebut-sebut sangat Agung, Sakti, Ksatria, dan Berwibawa. Sosok tersebut konon menghuni gunung di pedalaman Kalimantan, dan sosok tersebut selalu bersinggungan dengan alam gaib. Kemudian sosok yang sangat di dewakan tersebut oleh orang dayak dianggap sebagai Pemimpin spiritual, panglima perang, guru, dan tetua yang diagungkan. Ialah panglima perang Dayak, Panglima Burung, yang disebut Pangkalima oleh orang Dayak pedalaman.
 
Ada banyak sekali versi cerita mengenai sosok ini, terutama setelah namanya mencuat saat kerusuhan Sambas dan Sampit. Ada yang menyebutkan ia telah hidup selama beratus-ratus tahun dan tinggal di perbatasan antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Ada pula kabar tentang Panglima Burung yang berwujud gaib dan bisa berbentuk laki-laki atau perempuan tergantung situasi. Juga mengenai sosok Panglima Burung yang merupakan tokoh masyarakat Dayak yang telah tiada, namun rohnya dapat diajak berkomunikasi lewat suatu ritual. Hingga cerita yang menyebutkan ia adalah penjelmaan dari Burung Enggang, burung yang dianggap keramat dan suci di Kalimantan.

Ada juga versi yang menceritakan bahwa Panglima Burung adalah gelar yang diberikan kepada seorang Panglima di tanah Meliau, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Kehidupan sehari-hari panglima ini seperti orang biasa (cuma tidak menikah) dan sosok panglimanya akan hadir jika terjadi kekacauan di tanah Dayak. Begitu juga dengan Panglima Naga. Panglima Naga adalah warga Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Panglima Naga sudah berpulang, namun beliau memiliki keponakan dan keluarga. Salah satu Keponakan Panglima Naga adalah anggota Dewan Kabupaten Sekadau 2004-2009. Jadi Panglima Burung, Panglima Naga adalah sosok yang benar-benar ada. Begitu versi yang di ceritakan.

Selain banyaknya versi cerita, di penjuru Kalimantan juga ada banyak orang yang mengaku sebagai Panglima Burung, entah di Tarakan, Sampit, atau pun Pontianak.
Namun setiap pengakuan itu hanya diyakini dengan tiga cara yang berbeda; ada yang percaya, ada yang tidak percaya, dan ada yang ragu-ragu. Belum ada bukti otentik yang memastikan salah satunya adalah benar-benar Panglima Burung yang sejati.

Banyak sekali isu dan cerita yang beredar, namun ada satu versi yang menurut saya sangat pas menggambarkan apa dan siapa itu Penglima Burung. Ia adalah sosok yang menggambarkan orang Dayak secara umum. Panglima Burung adalah perlambang orang Dayak. Baik itu sifatnya, tindak-tanduknya, dan segala sesuatu tentang dirinya.
 
Lalu bagaimanakah seorang Panglima Burung itu, bagaimana ia bisa melambangkan orang Dayak?. Selain sakti dan kebal, Panglima Burung juga adalah sosok yang kalem, tenang, penyabar, dan tidak suka membuat keonaran. Ini sesuai dengan tipikal orang Dayak yang juga ramah dan penyabar, bahkan kadang pemalu. Cukup sulit untuk membujuk orang Dayak pedalaman agar mau difoto, kadang harus menyuguhkan imbalan berupa rokok kretek.


Dan kenyataan di lapangan membuyarkan semua stereotipe terhadap orang Dayak sebagai orang yang kejam, ganas, dan beringas. Dalam kehidupan bermasyarakat, orang Dayak bisa dibilang cukup pemalu, tetap menerima para pendatang dengan baik-baik, dan senantiasa menjaga keutuhan warisan nenek moyang baik religi maupun ritual. Seperti Penglima Burung yang bersabar dan tetap tenang mendiami pedalaman, masyarakat Dayak pun banyak yang mengalah ketika penebang kayu dan penambang emas memasuki daerah mereka.
Meskipun tetap kukuh memegang ajaran leluhur, tak pernah ada konflik ketika ada anggota masyarakatnya yang beralih ke agama-agama yang dibawa oleh para pendatang.
Riuh rendah kehidupan para pendatang tak membuat mereka marah dan tak berubah menjadi ketegangan di ruang yang lingkungannya adalah orang Dayak Ngaju disebut Danum Kaharingan.
 
Kesederhanaan pun identik dengan sosok Panglima Burung. Walaupun sosok yang diagungkan, ia tidak bertempat tinggal di istana atau bangunan yang mewah. Ia bersembunyi dan bertapa di gunung dan menyatu dengan alam. Masyarakat Dayak pedalaman pun tidak pernah peduli dengan nilai nominal uang. Para pendatang bisa dengan mudah berbarter barang seperti kopi, garam, atau rokok dengan mereka.

Panglima Burung diceritakan jarang menampakkan dirinya, karena sifatnya yang tidak suka pamer kekuatan. Begitupun orang Dayak, yang tidak sembarangan masuk ke kota sambil membawa mandau, sumpit, atau panah. Senjata-senjata tersebut pada umumnya digunakan untuk berburu di hutan, dan mandau tidak dilepaskan dari kumpang (sarung) jika tak ada perihal yang penting atau mendesak.

Lantas di manakah budaya kekerasan dan keberingasan orang Dayak yang santer dibicarakan dan ditakuti itu?

Ada satu perkara Panglima Burung turun gunung, yaitu ketika setelah terus-menerus bersabar dan kesabarannya itu habis.
  
Panglima burung memang sosok yang sangat penyabar, namun jika batas kesabaran sudah melewati batas, perkara akan menjadi lain. Ia akan berubah menjadi seorang pemurka. Ini benar-benar menjadi penggambaran sempurna mengenai orang Dayak yang ramah, pemalu, dan penyabar, namun akan berubah menjadi sangat ganas dan kejam jika sudah kesabarannya sudah habis.


Panglima Burung yang murka akan segera turun gunung dan mengumpulkan pasukannya. Ritual adat yang di Kalimantan Barat dinamakan Mangkuk Merah akan dilakukan untuk mengumpulkan para prajurit Dayak dari saentero Kalimantan. Tarian-tarian perang bersahut-sahutan, mandau melekat erat di pinggang. Mereka yang tadinya orang-orang yang sangat baik akan terlihat menyeramkan. Senyum di wajahnya menghilang, digantikan tatapan mata ganas yang seperti terhipnotis. Mereka siap berperang, Mengayau (memenggal kepala) dan membawa kepala yang di anggap musuhnya tersebut kemana-mana dan baru bisa berhenti apabila kepala adat yang dianggap perwakilan Panglima Burung menyadarkan mereka.


Inilah yang terjadi di kota Sampit Kalimantan Tengah beberapa tahun silam, ketika pemenggalan kepala terjadi di mana-mana hampir di tiap sudut kota.
Meskipun kejam dan beringas dalam keadaan marah, Penglima Burung sebagaimana halnya orang Dayak tetap berpegang teguh pada norma dan aturan yang mereka yakini. Antara lain tidak mengotori kesucian tempat ibadah agama manapun dengan merusaknya atau membunuh di dalamnya.
Karena kekerasan dalam masyarakat Dayak ditempatkan sebagai opsi atau pilihan terakhir, saat kesabaran sudah habis dan jalan damai tak bisa lagi ditempuh, begitu yang mereka yakini dalam sudut pandang mereka.
Pembunuhan, dan kegiatan mengayau, dalam hati kecil mereka itu tak boleh dilakukan, tetapi karena didesak ke pilihan terakhir dan untuk mengubah apa yang menurut mereka salah, itu memang harus dilakukan. Dan inilah budaya kekerasan yang sebenarnya patut ditakuti itu.

Kemisteriusan memang sangat identik dengan orang Dayak. Stereotipe ganas dan kejam pun masih melekat. Memang tidak semuanya baik, karena ada banyak juga kekurangannya dan kesalahannya. Terlebih lagi kekerasan, yang apapun bentuk dan alasannya entah itu balas dendam, ekonomi, kesenjangan sosial, dan lain-lain tetap saja tidak dapat dibenarkan. Mata dibalas mata hanya akan berujung pada kebutaan bagi semuanya. Terlepas dari segala macam legenda dan mitos, atau nyata tidaknya tokoh tersebut.
Panglima Burung bagi saya merupakan sosok perlambang sejati orang Dayak.

Amun ikam kada maulah sual awan ulun, ulun gen kada handak jua bahual lawan pian malah ulun maangkat dingsanak awan pian, begitu yang di ucapkan orang kalimantan khususnya orang Banjar untuk menggambarkan sikap dari orang-orang Dayak.

Oke bro sampai disini dulu cerita tentang Panglima Burung terima kasih atas kunjungannya di blog yang sederhana ini, sampai jumpa. Peace from Kalimantan.

sumber : ( koran banjar, rg.com)

"Semua Bebas di Copy Paste Namun Tolong Sertakan Sumber Beserta Link Backnya Ke blog Ini"

Baca Juga:



97 komentar:

Anonim mengatakan...

Ratu Burung
Cara Manguatkan Panglima Burung
udh lupa ini thread copas dari mana.. yang penting bagi-ilmu aja ya peace.. Ratu Burung.
Setiap lelaki akan merasa bangga jika mempunyai penis yang besar dan panjang. Karena pada saat berhubungan seks, jika penis tidak bisa tegak dan membesar (ereksi), maka bisa membuat pasangan akan merasa kecewa dan tidak puas. Walau ukuran penis tak menjadi satu-satunya tolok ukur bagi kaum adam untuk membuktikan 'kejantanan' mereka, namun tak ada salahnya jika kaum pria mulai peduli dan melakukan beberapa usaha untuk meningkatkan 'performa' dari organ reproduksi mereka tersebut.
Adapun tanda-tanda dari ereksi yang normal, penuh dan keras adalah sebagai berikut :
1. Bila penis dipegang atau dipencet akan terasa keras.
2. Penis tidak bisa ditekuk karena kaku sehingga sering disebut kayu.
3. Bila digoyang, penis akan bergoyang dan bergetar lalu kembali pada posisi semula.
Seberapa keras ereksi tersebut jarang diperhatikan. Tetapi kadang ereksi menjadi terganggu karena kondisi tubuh yang kurang fit, maka ukuran ereksi dan tingkat 'kekerasannya' akan menjadi sangat penting artinya.
Beberapa resep tradisional di bawah ini mungkin bisa bermanfaat untuk meningkatkan 'performa' penis (zakar) :
~ Menguatkan Penis
Ambil daun jarak dan daun jeruk nipis, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu di-borehkan ke penis selama 1/2 jam. Lakukan setiap hari saat bangun dari tidur.
Jika anda melakukan resep ini secara teratur selama satu bulan, maka membuat penis Anda akan lebih tegak, kokoh dan kuat.
~ Mengeraskan Penis
Sebelum berhubungan seks, oleskan minyak bulus pada batang penis sambil diurut-urut pada batang penis. Sesudah dioleskan biarkan beberapa saat supaya minyak bulus tersebut meresap dan melancarkan sirkulasi darah batang penis. Sesudah itu dibersihkan dengan air hangat.
~ Memperbesar Penis
Bahan-bahan :
1 Sendok makan adas pulosari
2 ekor lindung atau belut liar (bukan yang diternakkan)
4 - 5 pucuk benalu cemara (banyak terdapatdisisi batang cemara).
Cara mengolah :
Belut dipotong antara tubuh dan kepalanya dan diambil kepalanya saja. Panggang kedua kepala belut tersebut di atas api hingga hangus dan menjadi arang. Lalu digerus sampai menjadi bubuk yang halus. Adas pulosari dan pucuk benalu cemara ditumbuk jadi satu, kemudian disaring dan ambil sarinya saja, kurang lebih seperempat cangkir.
Campurkan bahan tersebut dengan bubuk kepala belut sebanyak setengah sendok teh. Sisa bubuk kepala belut yang lain dapat dipergunakan untuk hari berikutnya. Selanjutnya aduk sampai rata, lalu campurkan ludah basi (ludah yang diambil habis bangun tidur pagi hari) aduk yang rata, gunakan bahan ramuan ini untuk mengurut penis.
Caranya mengurutnya dari atas (pucuk) penis, arah mengurut menurun. Lama pengurutan kurang lebih 10 menit, bahan ramuan di atas untuk sekali pakai. Esok paginya buat ramuan baru. Lakukan cara ini sampai satu bulan penuh, biasanya hasilnya sudah nampak dan memuaskan, penis akan membesar dan kuat.
Nah, selamat mencoba. Kalau sudah terbukti harap hubungi saya Ratu Burung.

. mengatakan...

nah siratu burung,komentnya ngelantur gitu.
tapi kalau dipikir2 nggk papa deh lagian siapa tau ada yg perlu dengan resep dari ratu burung..wkwkwk

Phoenix 1 mengatakan...

Nice artikelnya, satu kesimpulan yang dapat ane petik..
Hati - hati dengan orang yang sabar dan jarang marah, jika kesabaran habis, murkanya lebih menyeramkan dai orang yang pemarah sekalipun :)

spot misteri mengatakan...

silahkan pasang saja dlu link saya gan,,,nanti akan saya pasang balik,, :)
salam kenal ya

Anonim mengatakan...

Sbnrnya, orang dyak bkn orng pdlman sperti yg kmu tulis, mreka juga orang2 yg trmsuk modern lho, bhkan d kampusku bnyk mhasiswa yg brasal dri dyak, mreka bhkan lebih cntik dan cakep d bnding orang2 daerah lain, krena rta2 berkulit putih, dan memliki mta sipit. Knp aku bsa tau, krena aku tnggal d klimantan.

Jdi, prktaan mngenai orng dyak yng sku pdlman itu tdk spnuhnya bnar, skrng orng dyak sdh mngenakan pkaian modern, mggunakan hp, fb, twitter, pkok nya sperti orng normal lainnya.

Mmng ada bbrpa yg msh tnggl d pdlman, tpi hnya sdkt skli, dan aku rsa sih itu hal yg wjar, di stiap daerah juga psti ada, sperti suku di sumatra, dll

Snbarnya aku bngung jga sih, knpa ya kalimantan itu di kenal oleh orang (di luar daerah kalimantan) sbgai daerah hutan, tnpa khidupan modern, dgn sku2 yang masih memakai cawat dan membwa mandau ke mna2 . . ????? Bhkan yg ikut perang smpit juga orang dyak yng modern lho, tdk sperti gmbar d atas,

Pdhal, di klmntan itu, mmbwa mandau ke mna2 itu d lrang lho, klimantan itu sma sperti kota lainnya, ada mobil, mall, bioskp, htel, kmpus, pkok nya sma deh, wlau ngga smegah kya jkt sih . .

Jdi, aku mau nanya nih sma pmilik blog,
kok jdi brpikir klau orng dyak itu sperti gmbar di atas . . ?
Pdhal, aku yng tnggal di klimntan aja ngga pernah liat orng dyak kyak gitu, :)
orng dyak sma sperti aku, sperti pmlik blog, dn pra pmbaca yg lain, bkn sperti gmbar di atas.

THE X-FILE mengatakan...

@anonim5:wah sibro kesinggung dengan gambaran orang dayak yang terlihat primitif digambar artikel, sebenarnya begini bro artikel mengenai seluk beluk misteri panglima burung kan hanya bisa diambil gambarannya didaerah2 pedalaman saja, kan gak mungkin alur ceritanya dikota2 kalimantan ntar nggak nyambung ama judul, yang pasti nggak mungkin kita bisa nemuin orang yang berpakaian adat dayak ada dikota2 kalimantan kecuali ada acara yg diadakan oleh pemerintah setempat untuk ritual2 adat, btw aku juga orang kalimantan bro tepatnya Banjarmasin, kalau memang ada kekurangan dalam artikel tsb sudi kiranya memaklumi, hehe yang pasti kita tatap haja kalu bakawal, kaya apa dingsanak, samuga ikam kawa memaklumi, ajalah wal.

Anonim mengatakan...

anonim 5 km gak baca artikel ini dengan seksama,gak tau maksud dari artikel ini,km gak pahami topik dan tema apa kali ini...bener kaataa x-file..km gak mnyambung sama sekali...pahami topik nya dan pahami dalam nya..klo bicara soal kepinteran orang dayak(kalimantan)kawan saya orang kalimantan malah dapat gelar sarjana di amerika,bukan cuma bs bikin blog ato maen FB....tp gak apa lah anonim 5..mungkin km lebih suka liat gambar dari pada baca artikelnya hehe...laen kali di baca dulu ya bro...baru coment(orang sukunya di junjung tinggi kok malaah koment aneh heheheh...bener bener aneh)

Dharma mengatakan...

All numpang lewat nih,jangan bahual lg diblog lah oleh kita sama2 org borneo,klo aq asli dayak manyan tepatnya kalahien buntok kampungq...jadi peace ya smuanya.salam borneo

Si Bolang mengatakan...

Eh bener loh...kalimantan ga se serem yg di tulis di artikel.ga ada yg bawa mandau.mereka baik baik ga sombong,bisnis batu bara,emas,dll.....trus juga uda modern kok.Emang ada suku2 dayak yg tinggal di dalam hutan kaya suku dayak pampang,dll..tapi ga serem kaya gitu.Tapi emang selalu dikait kaitkan ama magic gt deh.Itu pengalaman ane waktu hidup di kaltim (samarinda,bontang,sanggata,dll).

Anonim mengatakan...

kerennnnn.....buat para pendatang di Kalimantan, jangan seenak udel, hormati orang2 disana...liat tuh kasus sampit..!

Anonim mengatakan...

kerennnnn.....buat para pendatang di Kalimantan, jangan seenak udel, hormati orang2 disana...liat tuh kasus sampit..!

Anonim mengatakan...

numpang ya. para panglima yg ada di borneo memang lah uniqly dan sangat amazing.seharusnya bangga dong sobat2 punya panglima teladan yg baik,bravo to pangkalima semoga kebijaksanaanya dapat diikuti para sahabat yg tinggal di borneo,,salam hormat saya RAY MTD (sumatera people)

Unknown mengatakan...

hidup dayak ....hidup banjar .... ulun cinta kalimantan.
suku kami cinta damai,ramah tamah,supan trhdap pndatang yang penting jangan mncari HUAL/mslah jgn smpai kmi jd BERINGAS,, PERHATIAN: tolong bagi orang pndatang di kalimantan jagaLah sikap dan omongan kalian ..tq

Anonim mengatakan...

Sebagai masyarkat DAYAK KALIMANTAN SELATAN,,,kami cuma mengharapkan,,,bagi para pendatang,,,agar bisa menghormati warga asli kalimantan,,,kalau ingin mencari nafkah di kampung kami sangat dipersilahkan,,,

cuma yg kami mohon untuk hormati kami juga,,,hargai kami,,,dan 1 lagi,,,jangan pernah punya pikiran untuk menjadi seorang JAGOAN di tanah kelahiran kami,,,karena kami cinta DAMAI,,,sangat tidak menyukai kekerasan,,,

terima kasih,,,pian mahurmati kami,,,kami segan lawan pian.

Anonim mengatakan...

ulun katuju lawan artikel ne , peace and respect ! Aku asli jowo tapi oke2 aja di borneo . . . Mereka ramah2 and sopan juga gaul , kaya bini ulun...

Anonim mengatakan...

Saya ialah org dayak ASLI sarawak.
Di sarawak org dayak terbahagi kepada dua bangsa iaitu iban dan bidayuh.iban bangsa dayak yang tingal berhampiran sungai manakala dayak bidayuh tingal d kawasan pergunungan atau bukit.(zaman dulu)
Seperti mana banyak komen di atas yang saya baca ada benarnya juga dan ada yang salah.Sebenarnya orang2 dayak sekarang telah pun memasuki era pemodenan.seperti tingal di rumah bertingkat,berkereta,sekolah tingi dan mempunyai pekerjaan yang cukup untuk pembelanjaan harian.tidak di nafikan ada juga suku kaum dayak yang masih lagi tingal di kawasan pergunungan.mereka ini bukan lah hidup seperti di zaman memakai cawat mahupun masih memburu mengunakan tombak dan lembing.bukan hidup mewah,mereka masih lagi hidup susah kerana kurangnya pergaulan masyarat dengan mereka dan kerana berjauhan dari pekan2 atau kota.

Anonim mengatakan...

Orang dayak ngak ada beza nya ama suku kaum atau bangsa lain.sentiasa mengikuti era pemodenan dunia..cuma mungkin lambat sedikit.ngak ada lagi orang dayak dibilang si pengal.aku asli dayak.
orang dayak
Sarawak

Hatari mengatakan...

saya org Dayak Bakati Kalbar tepatnya di kabupaten Bengkayang,203KM dri Pontianak(3 jam berkendaraan) & 2 jam ke Kota Khucing Sarawak,kmi Dayak pegunungan dan apa yg trtulis didalam blog ini gambaran sepintas tentang org Dayak kehidupannya yg misteri bagi org yg belum mengenalnya. kami org Dayak dgn keluguan,keramahan,santun & hormat menerima tamu,bahkan hidangan yg kami berikan kepada tamu lebih dari hidangan yg biasa kami cicipi,saking hormatnya kepada tamu. satu hal yg org pendatang lupa,mereka menganggap org Dayak yg lugu itu sma dgn kebodohan & kemiskinan,org pendatang ada yg memanfaatkan ini utk keuntungan mereka. kami org Dayak diam...,namun kesabaran yg kami simpan juga bisa kering bahkan terbakar,saat itulah org pendatang yg menganggap org Dayak bodoh,miskin & hina akan menyesal seumur hidupnya sampai keturunannya. tlong hargai kami dirumah kami sendiri,jgn salahkan kami jika kesabaran kami mengering melihat org pendatang yg menghina kami dirumah sendiri.....cam'kan itu!!

satriawan mengatakan...

mantap bagus dan sangat menginspirasi...from http://dayak-artmusic.blogspot.com

Anonim mengatakan...

banjar kada kawa ditambus....wasi aja kada kada kwa nambus... apalagi kayu....tapi mun dah sakit hati,,,handak wasi kah,,,,tatap tambus,,,,,banjar pahuluan

cuki mengatakan...

saya salut sama orang dayak!!! two thum up deeh!!
ini berdasarkan pengalaman saya ,dimana2 mana sama saja ??? ,mau di kalimantan ,jawa, sumatra dan di belahan bumi lainnya ...
tiap kita kedaerah lain asal kita niatnya baik pasti merekapun kan sama baek malahan bisa lebih baek...

"ingat dimana bumi dipijak disitu langit di junjung!!!!"

salam rahayu
i love indonesia 4 ever
:)

Anonim mengatakan...

uluh dayak harati....


I Love Kalimantan

sama ih suku je are hong kalimantan...
harati....

Osma Husain mengatakan...

Artikelnya bagus..!!! Menambah wawasan mengenai Legenda Pejuang Daerah.. Semoga bermanfaat dan tdk terjadi kesalah pahaman...
Indonesia bermacam suku Bangsa namun tetap satu... "Bhenika Tunggal Ika" Saling menghargai antara yg satu dgn yg lainnya niscaya kan damai selalu...
Salam buat semua dan khususnya yg punya Blog

gembel elite mengatakan...

Numpang coret ea,
Sbnernya panglima burung adalah salah satu taben, taben adalah gelar bangsawan dayak iban, nah bangsawan iban tersebut punya anak 5 org, semua anak dri taben itu laki2, anak ke 1 merantau dan msuk islam, beliau jga di knal org alim, anak ke 2, ke 3, dan ke4, tetap bersama org tuanya di pdalaman. Sedngkan anak ke 5 pada waktu lahir cacat, kecacatanya yaitu. Dia bermata 1, akhirnya dngn alasan tertentu dia diasingkan oleh org tuanya di hutan, seiring waktu diapun beranjak dewasa dan dia bersumpah akan menjaga pulau kalimantan dari gangguan apapun. Dan diapun memiliki pengikut
Pengikutnya jga tggal di hutan, pngikutnya tidak akn bicara apbila tidak di perintahkan bicara olehnya. Dia jga memiliki senjata mandau yg apbila di ritual akn mencari musuhnya sendiri. Nah karena dia tggl di hutan untk mnunjukan kpda org klimantan kalo ada senjata sakti, maka di buatlah 3 buah senjata berupa mandau tampilan yg lbih d knal oleh org klimantan sbg parang maya, kemudian parang maya ini di bagi ke 3 tempat, yaitu kalbar di pegang panglima angin, di kalteng panglima macan, dan di kaltim panglima kumbang, ketiga mandau tersebut di dampingi oleh panglima. Sedangkan org yg bermata satu tdi tinggal di dlm hutan di perbatasan antara kalbar dan kalteng. Dan org tersbut msih ada sampai skarang, dia menuggu mandau yg asli dan sedang mencari keturunan dari taben untuk mengangkat senjata tersebut, karena selain keturnan taben tidak bisa mengangkat mandau pusaka tersebut, sekian dulu coretan sya, moga bisa bermanfaat, percaya atau tidak, silahkan.

gembel elite mengatakan...

Numpang coret ea,
Sbnernya panglima burung adalah salah satu taben, taben adalah gelar bangsawan dayak iban, nah bangsawan iban tersebut punya anak 5 org, semua anak dri taben itu laki2, anak ke 1 merantau dan msuk islam, beliau jga di knal org alim, anak ke 2, ke 3, dan ke4, tetap bersama org tuanya di pdalaman. Sedngkan anak ke 5 pada waktu lahir cacat, kecacatanya yaitu. Dia bermata 1, akhirnya dngn alasan tertentu dia diasingkan oleh org tuanya di hutan, seiring waktu diapun beranjak dewasa dan dia bersumpah akan menjaga pulau kalimantan dari gangguan apapun. Dan diapun memiliki pengikut
Pengikutnya jga tggal di hutan, pngikutnya tidak akn bicara apbila tidak di perintahkan bicara olehnya. Dia jga memiliki senjata mandau yg apbila di ritual akn mencari musuhnya sendiri. Nah karena dia tggl di hutan untk mnunjukan kpda org klimantan kalo ada senjata sakti, maka di buatlah 3 buah senjata berupa mandau tampilan yg lbih d knal oleh org klimantan sbg parang maya, kemudian parang maya ini di bagi ke 3 tempat, yaitu kalbar di pegang panglima angin, di kalteng panglima macan, dan di kaltim panglima kumbang, ketiga mandau tersebut di dampingi oleh panglima. Sedangkan org yg bermata satu tdi tinggal di dlm hutan di perbatasan antara kalbar dan kalteng. Dan org tersbut msih ada sampai skarang, dia menuggu mandau yg asli dan sedang mencari keturunan dari taben untuk mengangkat senjata tersebut, karena selain keturnan taben tidak bisa mengangkat mandau pusaka tersebut, sekian dulu coretan sya, moga bisa bermanfaat, percaya atau tidak, silahkan.

gembel elite mengatakan...

Ea tuh,
Anonim aneh ap ngawur c komenya, hehe....panglima burung koq nyampe penis, tpi bleh jga tuh buat nambah wawasan....hehe

Anonim mengatakan...

saya asli kalimanatan
tinggal dekat sambas
orang dayak itu baik
ramah, sopan,
pas kerusuhan saya masih bisa keluar rumah, mereka menajaga keamanan daerah saya dari parah penjarah yg mengambil kesempatan

mereka seperti kita pada umum nya
mana ada yg mw di bego"in
walau mereka sabar, kesabaran tetap ada batas nya

biar lah kita belajar dari sejarah ini
dimana pun hukum harus sopan terhadap tuan rumah selalu berlaku
tidak hanya di kalimantan

Anonim mengatakan...

hidup dayak ngaju

Anonim mengatakan...

biar kita berbeda-beda, kita tetap satu yaitu manusia.. manusia indonesia,,, saling menghormati, gotong royong adalah ciri khas kita . . .
jika tak ada suku yang bermacam-macam, tak ada pula indonesia, karena indonesia berdiri diatas berbagai macam suku bangsa . . . mari kita jaga tanah air kita dengan penuh sopan santun dan penghargaan . . .

Anonim mengatakan...

dayak dan banjar selalu bersatu sampai akhir hayat

mahfudz mengatakan...

gambar atas ketahuan kalau editan tuhh

tuah nicodemus mengatakan...

Mohon maaf sebelumnya, hanya ingin meluruskan.
Sayang sekali blog sebagus ini akhirnya memberikan pencerahan yang salah mengenalkan Dayakisme, memberikan informasi yang salah dan tidak sesuai dengan sumbernya koran banjar (mungkin alasan ini si pemilik blog tidak menyertakan klik langsung pada sumbernya).
Bagi saya inti dari postingan rubrik ini lebih pada arah kesombongan diri dari pada pembahasan tentang panglima burung itu sendiri.

Sehingga menjadi tema provokasi dan kejumawaan beberapa gelintir orang yg mengakui dirinya orang dayak, yang sekaligus mempermalukan nama dayak dan memperlakukan kebenaran dayak harus dihormati di tanah leluhurnya sendiri (cq. komentar Hatari). Saya lebih setuju dengan komentar dr anonim no. 5 karena itulah kondisi sebenarnya.

Hati-hati mempublikasikan dan berkomentar tentang kebenaran brow, apalagi ini bisa diakses sampai dunia luar. Kita masih ada pagarnya DAD Nasional.

Kita harus menyadari 3 kerusuhan besar di bumi Borneo yaitu Sanggau Ledo (1996) & Sambas (1999) Kalbar dan Sampit-KalTeng (2001) pada dasarnya karena kita mudah diprovokasi dengan issu sara (sampai saat ini, contohnya pilkada). Jujur adanya karena kita merupakan sebuah kotak-kotak dari beragam suku dayak, dan karena 1 dekade kebelakang kita baru mulai terbuka dengan akses dunia luar, masih masa sikap transisi modernisasi.

Untuk itu sebagai generasi muda, generasi masa depan dayakisme, mari kita jaga keutuhan jiwa dan kebanggaan nama suku dayak yg jelas & benar apa adanya... Bravo dayakisme!!!

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata"

Karto Jimi mengatakan...

Bagus..
Hidup dayak dan melayu sambas

Anonim mengatakan...

bagi saya sebagai orang dayak, artikel diatas tidak saya salahkan, paling tidak pengenalan orang-orang lain tentang suku dayak dapat terbuka, kalau selama ini orang dayak dianggap beringas, ganas dan bodoh (terbelakang) akhirnya akan berubah, dan orang-orang dari suku-suku lain dapat memahami orang dayak..... di mana-mana ni ya, kalau harga diri kita diinjak pasti kita punya hak untuk membela diri, demikian juga orang dayak, wong semut az kalau diinjak dia akan balik menggigit, apalagi orang dayak.........borneo putra

Anonim mengatakan...

mantaaaaaaap, itulah dayak

Asang mengatakan...

cma meluruskan bukan PANGLIMA BURUNG tp PANGKALIMA BURUNG...

Anonim mengatakan...

mau panglima burung atau panglima semut kita dimata tuhan sama2x umat,,tiada yang perlu di takuti di dunia ini kecuali ALLAH SWT.

Anonim mengatakan...

Jaman skg ada kelompok yg suka pamer kelewang kemana2 sambil teriak2 slogan agamanya, ni kayanya perlu ditandingin ma org dayak tuh biar ketauan siapa yg beneran jagoan hehehehe

Peace

rj mengatakan...

orang dayak sama kyk suku lainnya kok, mereka baik2... tmn2 ku banyak org dayak n kbetulan aku tgl di kalbar
klo dulu memang msh bnyak yg tgl di pdalaman, tp sekarang udh maju n modern kok... udh banyak yg kuliah bahkan sampai ke luar negeri...
saya sndiri bukan dayak tp dr kecil udh bergaul sama mereka, bhkan saya punya nenek angkat asli org dayak.

Andre mengatakan...

Mantab I love DAyak

Andre mengatakan...

Mantab I love DAyak

Anonim mengatakan...

sama uluh itah ih tuh ,, .. salam dayak,, damai trus borneo

Rajoki. mengatakan...

hidup pangkalima burung.

orang INDONESIA mengatakan...

Semoga yang damai gak hanya Borneo, tapi seluruh Nusantara. INDONESIA tercinta...

beri gunawan mengatakan...

saya anak dayak iban kapuas hulu yang berbtasab antara malaysia dan kalteng
sya tidak merAsa tersinggung sama sekali
namun saya bersyukur KARENA anda mau mengenalkan budaya kalimantan yang ada, munkin bisa jadi pelajarn untuk negara kita sendiri,dimana kedamaian itu perlu dalam hidup kita, dengan adnya artikel diatas mari kita buka wawasan kita untuk mengenal budaya kita masing2 agar bisa lebih menduniawi, jangan smpai kita pemilik budya namun hak patennya milik negara lain.
thank untuk yg menulis blok tersebut.

Anonim mengatakan...

<<<<Dayak Ngaju lee..senggol dikit cucuk..wkwkkwwkw..

Rudi Wijayanto mengatakan...

saya sangat senang dan benar-benar senang ketika membaca tulisan blog dan yang berkomentar. kesimpulannya semua setuju bahwa suku dayak kita ini memiliki sifat yang ramah tamah, menghargai orang lain dan pemalu. dari posting blog maupun komentar yang diberikan ternya ta KLOP dengan apa yang telah diceritakan saudara saya yang ada di BORNEO. beliau berkata bahwa orang dayak itu baik-baik, bahkan suka mengalah. Meskipun begitu, sebagai manusia mereka juga memiliki pedoman hidup. Nah prinsip hidup dan pedoman hidup mereka itulah yang patut kita hormati dan kita hargai ketika kita hidup berdampingan dengan suku dayak, dengan begitu tidak akan ada perselisihan di antara kita bangsa Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika. salam damai dari suku jawa.

Anonim mengatakan...

trimakasih mayuh - mayuh ngagai nuan ke ngagak blog tok, udh nlg kami dayak iban/dayakm k bukai ulih di kelala urang mayuh... teruskan tulisan nuan anang peduli ke coment k ndak tentu tuju..selamat bekelala. aku urang Iban Asli Kalbar

Mddanish Helmy mengatakan...

Yg sakti dn brani di tmpatnya...cbe tes bwk ke jawa..bwk dgn hntu2ya skali

Mddanish Helmy mengatakan...

Hdup di hutan

Mddanish Helmy mengatakan...

Hidup dayak di hutan hahaha

Mddanish Helmy mengatakan...

Hidup dlm bnjir...

Anonim mengatakan...

ngomong2 (Ordak) orang Dayak,knp ga suku mu aja yg diomongi kalo stengah pinter ato blum pinter jdi orang ga usa ngomong dulu bikin malu sendiri,komentar dr pengetahuan mu yg minim akibatnya provokasi yg ga baik,seolah2 you menilai orang primitif banget krn kekurangan pengetahuan mu tadi ato apa sengaja sperti orng lugu pdhal tahu krn pengetahuan mu yg luas tapi suka ngomongi orang yg bego-bego gitu,menurut sy dan pepatah orang yg suka bicara orang lain dengan pemahaman ga masuk logika suka mengada-ada krn disebabkan irih hati sinis dan tidak beragama,kalo merasa uda jd orng modern tapi ngomongnya sprti orang primitif,apa ga terbalik sebenarnya kamu yg primitif?..krn dgn kekurangan pengetahuan mu tadi ngomong org lain untuk menutup-nutupi primitifnya otak mu di depan orang lain,slalu menilai orang lain tapi ga menilai diri sendiri"pertanyaan bodoh",.... Putra Borneo Asli, trim's...

Anonim mengatakan...

saya perwakilan dari kaltim tepatnya suku kuta tetua orang kalimantan tidak setuju apabila blog ini disalahgunkan dengan koment-koment yang bersifat provokasi . salam kanak kutai kaltim kendia etam handak tulak ke kalteng untuk mempromosikan grup GEPAK yang ada dikaltim ( GERAKAN PEMUDA ASLI KALIMANTAN )

Edwin mengatakan...

Dari penjelasan mengenai suku Dayak melalui artikel diatas, saya pribadi merasa sangat bangga bisa bersahabat dengan masyarakat asli dari Kalimantan ini, dan saya rasa artikel mengenai ragam kebudayaan di Indonesia ini perlu diperbanyak lagi, tentunya dengan memperhatikan norma dan kaidah dalam penulisannya. Proficiat buat bro The X Files

Anonim mengatakan...

gambar yang pangkalima burung is so adobe photoshop. just saying

Ardewis Danu Ardewis mengatakan...

Saran ja ya....
Sebenarnya kekerasan panglima burung itu mudah aja, kasih aja panglimanya ratu burung nah lalu kawinkan pasti hilang marahnya..
Opss... jangan lupa masukin ya...wkwkwk ntar ngamuk lagi...

Ardewis Danu Ardewis mengatakan...

Saran ja ya....
Sebenarnya kekerasan panglima burung itu mudah aja, kasih aja panglimanya ratu burung nah lalu kawinkan pasti hilang marahnya..
Opss... jangan lupa masukin ya...wkwkwk ntar ngamuk lagi...

Anonim mengatakan...

Saya sebagai Putra Dayak Dusun Ma'anyan ikut menyimak aja deh...Tidak saya pungkiri kalau foto2 dan cerita diatas benar adanya dan msh ada sampai saat ini tp hanya di sebagian daerah2 pedalaman,kalau tuk kota2 besar gk ada bedanya koq dgn kota lain di indonesia.Tapi yg pasti di Kalimantan lbh berlaku hukum adat dr pada Hukum negara.
"kami bukan manusia primitif tp kami hanya menjaga kelestarian adat kami"

BebelBugau mengatakan...

Bagus! Untuk tambahan, orang dayak bukan hanya mewarisi adat atau hal-hal yang bersifat metafisik tapi juga yang fisik seperti tanah sebagai wilayah tempat tinggal. Akhir2 ini tanah orang dayak menjadi semakin sedikit karena banyak investor perkebunan yang masuk, bukan melarang tetapi karena keluguan dan ketidaktahuan orang dayak sehingga hak atas tanahnya sendiri hilang karena tidak ada jaminan tanah kembali kepada masyarakat adat. Tanah di kalimantan itu juga warisan nenek moyang dayak lho! Banyak budaya dayak yang ditinggalkan karena wilayah sebagai tempat menunjukkan eksistensi dan kekuasaan di tempat sendiri sudah tidak ada. Sebagai contoh ada di sebuah daerah di Sintang yang gawai dayak dulunya ada makan pulut sekarang tidak ada lagi karena tidak ada tanah untuk bersawah dan berladang. Modal orang dayak ya hanya tanah, kalo tidak ada tanah tidak bisa apa2.
Lalu mengenai bukti otentik itu seperti apa kalo di budaya dayak? Bukti otentik itu bukti tertulis yang dibuat pejabat yang berwenang kalo sekarang misalnya dibuat oleh notaris. Adat dayak saja banyak yang tidak tertulis. Saya pikir kita perlu bung lebih banyak membuat tulisan mengenai budaya dayak era modern bahkan era postmodern sekarang ini. Saya juga punya tulisan2 yang mungkin bisa Anda baca. Saya Putra Dayak dari Kabupaten Sintang. Salam kenal!

BebelBugau mengatakan...

Bagus! Untuk tambahan, orang dayak bukan hanya mewarisi adat atau hal-hal yang bersifat metafisik tapi juga yang fisik seperti tanah sebagai wilayah tempat tinggal. Akhir2 ini tanah orang dayak menjadi semakin sedikit karena banyak investor perkebunan yang masuk, bukan melarang tetapi karena keluguan dan ketidaktahuan orang dayak sehingga hak atas tanahnya sendiri hilang karena tidak ada jaminan tanah kembali kepada masyarakat adat. Tanah di kalimantan itu juga warisan nenek moyang dayak lho! Banyak budaya dayak yang ditinggalkan karena wilayah sebagai tempat menunjukkan eksistensi dan kekuasaan di tempat sendiri sudah tidak ada. Sebagai contoh ada di sebuah daerah di Sintang yang gawai dayak dulunya ada makan pulut sekarang tidak ada lagi karena tidak ada tanah untuk bersawah dan berladang. Modal orang dayak ya hanya tanah, kalo tidak ada tanah tidak bisa apa2.
Lalu mengenai bukti otentik itu seperti apa kalo di budaya dayak? Bukti otentik itu bukti tertulis yang dibuat pejabat yang berwenang kalo sekarang misalnya dibuat oleh notaris. Adat dayak saja banyak yang tidak tertulis. Saya pikir kita perlu bung lebih banyak membuat tulisan mengenai budaya dayak era modern bahkan era postmodern sekarang ini. Saya juga punya tulisan2 yang mungkin bisa Anda baca. Saya Putra Dayak dari Kabupaten Sintang. Salam kenal!

Anonim mengatakan...

Numpang Komentar gan

Saya memang bukan orang dayak, akan tetapi saya lama di kalbar, mulai dari pontianak, ngabang, sanggau gunung meliau, sintang, putussibau, nanga suruk, embaloh, malapi, nanga raun dan lainnya sudah saya kunjungi. dan tiap tempat yg saya kunjungi mudah2an sy diterima dengan baik oleh semua suku dayak yang saya kunjungi. terkait tulisan anda, seharusnya anda tak perlu membahas tentang kerusuhan, sanggau ledo, sambas dll. karena judul bahasan anda adalah PANGKALIMA BURUNG. yang pada akhirnya akan menuai protes dan bermacam komentar miring. sukur2 kalau yg baca bisa mengerti kalau tidak itu tentu akan mendiskreditkan sebagian ataupun seluruh masyarakat dayak. anyway keep writing.

Anonim mengatakan...

aku sekarang tinggal d sambas sekitarna sdh hampir 2 tahun
aku pernah tanya sama temenku baik dari suku dayak ato melayu sambas
mereka berdua membenarkan bahwa ada yg namana pangkalima
mereka seperti tokoh spiritual gtu yang masing2 punya kemampuan dari gaib yg dia pelajari;Burung,Macan/harimau sma apalge gtu aku lupa
klo daerah sambas ini katana sie di pimpin pangkalima macan kumbang malah,daerah kalteng sana yg pangkalima burung
tpi pada basicna mereka sama sekali g pernah kliatan sosokna,,,emg sie sering denger dia ada di daerah pegunungan di hutan,dan hanya keturunanya saja yg bsa berkomunikasi dengan para pangkalima...

Anonim mengatakan...

Produk dijamin asli
TILLA SHOP : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM .
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS:0896-9198-6275 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://tilla-shop.blogspot.com/
BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

Dijual

Ready Stock !
BlackBerry 9380 Orlando - Black
Rp.900.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Curve 8520 Gemini
Rp.500.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
Rp.800.000,-

Ready Stock !
Blackberry Curve 9320
Rp.700.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
Rp. 1.000.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
Rp.1.500.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
Rp.500.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia 800 - Matt Black
Rp.1.700.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia-710-white
Rp. 900.000,-

Ready Stock !
Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSM
Rp.450.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia 710 - Black
Rp. 900.000,-

Ready Stock !
Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
Rp.1.200.000,-

Ready Stock !
Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
Rp.1.200.000,-

Ready Stock !
Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
Rp.700.000

Ready Stock !
APPLE iPod Nano 8GB - Pink
Rp.500.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home
Rp 1.300.000

Ready Stock !
Acer Aspire S3-951-2364G34iss
Rp. 1.200.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7
Rp. 2.500.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green
Rp. 2.500.000,-

Ready Stock !
Nikon D7000 kit 18-105mm
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
Rp 1.300.000

Ready Stock !
Nikon Coolpix L 120 Red
Rp. 900.000

Ready Stock !
Nikon Coolpix P 500 Black
Rp 1.000.000

Anonim mengatakan...

Produk dijamin asli
TILLA SHOP : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM .
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS:0896-9198-6275 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://tilla-shop.blogspot.com/
BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

Dijual

Ready Stock !
BlackBerry 9380 Orlando - Black
Rp.900.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Curve 8520 Gemini
Rp.500.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
Rp.800.000,-

Ready Stock !
Blackberry Curve 9320
Rp.700.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
Rp. 1.000.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
Rp.1.500.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
Rp.500.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia 800 - Matt Black
Rp.1.700.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia-710-white
Rp. 900.000,-

Ready Stock !
Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSM
Rp.450.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia 710 - Black
Rp. 900.000,-

Ready Stock !
Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
Rp.1.200.000,-

Ready Stock !
Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
Rp.1.200.000,-

Ready Stock !
Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
Rp.700.000

Ready Stock !
APPLE iPod Nano 8GB - Pink
Rp.500.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home
Rp 1.300.000

Ready Stock !
Acer Aspire S3-951-2364G34iss
Rp. 1.200.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7
Rp. 2.500.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green
Rp. 2.500.000,-

Ready Stock !
Nikon D7000 kit 18-105mm
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
Rp 1.300.000

Ready Stock !
Nikon Coolpix L 120 Red
Rp. 900.000

Ready Stock !
Nikon Coolpix P 500 Black
Rp 1.000.000

Anonim mengatakan...

Produk dijamin asli
TILLA SHOP : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM .
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS:0896-9198-6275 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://tilla-shop.blogspot.com/
BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

Dijual

Ready Stock !
BlackBerry 9380 Orlando - Black
Rp.900.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Curve 8520 Gemini
Rp.500.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
Rp.800.000,-

Ready Stock !
Blackberry Curve 9320
Rp.700.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
Rp. 1.000.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
Rp.1.500.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
Rp.500.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia 800 - Matt Black
Rp.1.700.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia-710-white
Rp. 900.000,-

Ready Stock !
Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSM
Rp.450.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia 710 - Black
Rp. 900.000,-

Ready Stock !
Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
Rp.1.200.000,-

Ready Stock !
Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
Rp.1.200.000,-

Ready Stock !
Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
Rp.700.000

Ready Stock !
APPLE iPod Nano 8GB - Pink
Rp.500.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home
Rp 1.300.000

Ready Stock !
Acer Aspire S3-951-2364G34iss
Rp. 1.200.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7
Rp. 2.500.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green
Rp. 2.500.000,-

Ready Stock !
Nikon D7000 kit 18-105mm
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
Rp 1.300.000

Ready Stock !
Nikon Coolpix L 120 Red
Rp. 900.000

Ready Stock !
Nikon Coolpix P 500 Black
Rp 1.000.000

Anonim mengatakan...

Slank

iriel N ilmi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
iriel N ilmi mengatakan...

CaRi didalam hutaan.dayak pedalaman

juan ramadhan mengatakan...

Hai, salam kenal?
Saya orang dayak benuaq dari daerah Kutai Barat, kaltim. Emm. . . Posting yang bagus, dan kalau bisa posting lagi dengan cerita-cerita budaya dan legenda-legenda diseluruh kalimantan.
Untuk saudara-saudari yang sudah coment salam kenal semua nya dan cobalah jalan-jalan ke Kutai Barat, banyak ragam wisata disini.
Kutai barat "Tanaa purai ngeriman"
By "SAMAN TAKAQ" :)

Osa Ordi mengatakan...

terimakasih atas imfonya semoga suku kita tetap terjaga hingga akhir jaman

Anonim mengatakan...

Kami sebagai orang dayak akan lebih sopan jika sopan kmi dihargai oleh org lain,dn kmi adlah org2 dayak yg sudah trmsuk modern,sudh mengenal BB,twiter,fb,goegle,dll,
Tapi yg aku minta agar tidak hilang nya budaya org2 pedalaman dayak,dn tetap ad.krna sebagian dari org dayak ini mereka sudh ada kemajuan,dn dari kemajuan itu mereka bisa membawa nama DAYAK yg dianggap org sebagai org pedlaman,tapi semoga tetap ad budaya budaya pedalaman dayak,meskipun dunia ini sudah serba canggih,
Dan semoga tetap trjaga kelestarian dayak


I LOVE DAYAK :p

Anonim mengatakan...

gk cuma orang dayak, semua manusia juga bakal marah dan bisa blasa dendam kalau dizholimi. habluminannas.

perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan

Anonim mengatakan...

Kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri.... Berbuat baiklah kepada yang berbuat jahat kepadamu.

Kalo engkau berbuat baik hanya kepada yang orang yang baik kepadamu, apalah bedanya dengan yang lain.

Hampir semua orang di bumi ini pun punya standard sperti itu.

Mengerti kalian wahai sukuisme-sukuisme ?

jellian jambi mengatakan...

Saya putera Dayak dari Sarawaik, Malaysia. saya sangat tertarik dengan cerita panglima burung ni. Panglima Burung ni keturunan dayak dari suka apa ye??????

Ryan siie putrapengelana mengatakan...

Bah mntap dah artikelx
Salam damai by anak2 dayak banjar

Anonim mengatakan...

Mantap ni artikelnya.

Klo di suku dayak ada panlima burung, klo di minahasa ada brigade manguni.

KAMI AKAN MENYATU DAN SALING MEMBANTU

bujang bonda butet mengatakan...

wahhhhaa...ada yg marah..rata2 rakyat di daerah2 hutan dan terpencil hampir sama di semua negara berkembang..tergantung pemerintahannya...apakah pemerintahnya ingin memajukan dan mencerdaskan rakyatnya dengan segala sarana dan prasarana di aerah2 tertinggal..atw tidak..

Perantau Dari Medan mengatakan...

yang punya panglima buat persiapan perang dengan negara luar jika indonesia di ganggu..

Rtz mengatakan...

bro... ane izin copas ya...
ini link ane... http://ritzmoondrian.blogspot.com/
terima kasih bro... info nya sangat berkualitas :)

Anonim mengatakan...

INFO TOGEL…… Mau angka JITU dan SHIO PATEN,pastikan bisa anda menangkan dan DI JAMIN 100% TEMBUS HUB 0823 -1034 -2233.KI AWING ahli MERITUAL angka TOGEL. INFO TOGEL…… Mau angka JITU dan SHIO PATEN,pastikan bisa anda menangkan dan DI JAMIN 100% TEMBUS HUB 0823 -1034 -2233.KI AWING ahli MERITUAL angka TOGEL.

INFO TOGEL…… Mau angka JITU dan SHIO PATEN,pastikan bisa anda menangkan dan DI JAMIN 100% TEMBUS HUB 0823 -1034 -2233.KI AWING ahli MERITUAL angka TOGEL. INFO TOGEL…… Mau angka JITU dan SHIO PATEN,pastikan bisa anda menangkan dan DI JAMIN 100% TEMBUS HUB 0823 -1034 -2233.KI AWING ahli MERITUAL angka TOGEL.

Abbang ajjah mengatakan...

Pernah ke kalimantan tepat ny batu licin; dan orang sana baik. Sampai gw di trQtir pisang penyet saus durian. Salam kgn buat junaidi di batu licin.

Klo gw asli jkt; yg bebas lo pada mo ngapain ajj. Sampai di gusur sana gusur sini tetep nurut sama pemerintah...

Salam satu nusa; salam satu bangsa

Abbang ajjah mengatakan...

Dimana bumi dipijak; disitu langit dijunjung. Jangankan sesama manusia; sama hewan dan tumbuhan pun kita harus baik...

herry septiandy mengatakan...

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata"
Semboyan dayak AHE...oko onya dayak kualant,kenak" nto she lamun me omya dayak,tlg mesah samarang ngomng n coment tentang manak nya dayak!khusus tmn yg barusan coment sy ga tau apakah bnr2 dri dayak ahe(pahauman)yg jelas sy bertrimakasih ats sdkit pncerahan'y..cuma coment punya masbro ini yg cocok di hati sy...kebetulan sy prnh berkja di daerah ngabang tepat'y di labos (ngabang kab landak)oia,,tuk mslh pangllima burung sprti yg di coment di ats itu BOHONG smua!mgkin sy ga jago nulis di blog,tp sy tau betul siapa,apa n dmn bahkan kehidupan sehari" panglima burung..kebetulan belian kakek angkat sy..krn beliau ga punya ank...sy jg cucuk dri panglima DORA .jika ingin tau lbh banyak silahkan dtg aja ke rumah sy...sy msh tnggl di kal-bar tepat'y di kualabehe...asli dari balai berkuak kec simpank hulu kab ketapang!

herry septiandy mengatakan...

Sampean wong ndi??aiki aq tnggl di pandeglang serang banten!sampean blg yg berani di tempat'y coba tes bawa ke jawa,skrg sy ada di jawa n kebetulan sy asli dayak kualant (ketapang-kalbar)sampean tuh manusia punya otak atau ndak?di kampunk sy tuh buanyak suku" sampean yg di bilg org jawa!!cari makan n ngais rezeki di kampung sy!sampean mw org2 jawa di kampung sy ga bsa plg ke jawa lg gara" omngan sampean?jadi org koq ga bsa jaga mulut!cukimaaiii!!!jiaannccuukk meneh!!!

herry septiandy mengatakan...

Sampean asli ndi??jgn" sampean tinggal di bawah jembatan tidur dalm bak sampah makan di TPA(tempat pembuangan akhir)maka'y otak anda jd ga waras hahahahaah.....

herry septiandy mengatakan...

Yang hidup dalam banjir itu org dayak atau sampean ???di kalimantan ga ada tuh bencana" banjir,!

Edhie Bento mengatakan...

BANGKIT TERIAK LAWAN DAN HANCURKAN !!!!!

Anonim mengatakan...

Panglima burung kirain mak errot, yang saya tau mah panglima burung itu semacam burung (maaf : penis)

PAK AHMAT DI LAMPUNG mengatakan...

Saya Pendatang Baru Di Room Ini Ingin Berbagi Cerita Kepada Semua Sauwdara2 Saya Para Pecinta Togel.Bahwa Setelah Sekian Lama Saya Mengenal Dunia Permainan Togel.Baru Kali Ini Saya Telah Berhasil Memenangkan 4D-4872-Dan Saya Dapat 74jta.Ini Semua Berkat Bantuang Angka Ghoib Dari AKI,BARAKA.Buat Anda Yang Ingin Mendapatkan Angka Ghoib Hasil Ritual 2D-3D-4D-6D-Sgp/Hk/Sidney/Macau/Malaysa.Di Jamin 100% Tembus.Silahkan Anda Hubungi Langsung AKI,BARAKA.Di Nomor{_0_8_2_3_1_0_2_9_6_7_7_7_}Jika Anda Penuh Kepercayaan Dan Keyakinan Silahkan Anda Buktikan Sendiri.Bila Anda Ingin Mengbuah Nasib Anda.Terimah Kasih.Thank'z Roomx Shobath ★

Saya Pendatang Baru Di Room Ini Ingin Berbagi Cerita Kepada Semua Sauwdara2 Saya Para Pecinta Togel.Bahwa Setelah Sekian Lama Saya Mengenal Dunia Permainan Togel.Baru Kali Ini Saya Telah Berhasil Memenangkan 4D-4872-Dan Saya Dapat 74jta.Ini Semua Berkat Bantuang Angka Ghoib Dari AKI,BARAKA.Buat Anda Yang Ingin Mendapatkan Angka Ghoib Hasil Ritual 2D-3D-4D-6D-Sgp/Hk/Sidney/Macau/Malaysa.Di Jamin 100% Tembus.Silahkan Anda Hubungi Langsung AKI,BARAKA.Di Nomor{_0_8_2_3_1_0_2_9_6_7_7_7_}Jika Anda Penuh Kepercayaan Dan Keyakinan Silahkan Anda Buktikan Sendiri.Bila Anda Ingin Mengbuah Nasib Anda.Terimah Kasih.Thank'z Roomx Shobath ★

Saya Pendatang Baru Di Room Ini Ingin Berbagi Cerita Kepada Semua Sauwdara2 Saya Para Pecinta Togel.Bahwa Setelah Sekian Lama Saya Mengenal Dunia Permainan Togel.Baru Kali Ini Saya Telah Berhasil Memenangkan 4D-4872-Dan Saya Dapat 74jta.Ini Semua Berkat Bantuang Angka Ghoib Dari AKI,BARAKA.Buat Anda Yang Ingin Mendapatkan Angka Ghoib Hasil Ritual 2D-3D-4D-6D-Sgp/Hk/Sidney/Macau/Malaysa.Di Jamin 100% Tembus.Silahkan Anda Hubungi Langsung AKI,BARAKA.Di Nomor{_0_8_2_3_1_0_2_9_6_7_7_7_}Jika Anda Penuh Kepercayaan Dan Keyakinan Silahkan Anda Buktikan Sendiri.Bila Anda Ingin Mengbuah Nasib Anda.Terimah Kasih.Thank'z Roomx Shobath ★

Saya Pendatang Baru Di Room Ini Ingin Berbagi Cerita Kepada Semua Sauwdara2 Saya Para Pecinta Togel.Bahwa Setelah Sekian Lama Saya Mengenal Dunia Permainan Togel.Baru Kali Ini Saya Telah Berhasil Memenangkan 4D-4872-Dan Saya Dapat 74jta.Ini Semua Berkat Bantuang Angka Ghoib Dari AKI,BARAKA.Buat Anda Yang Ingin Mendapatkan Angka Ghoib Hasil Ritual 2D-3D-4D-6D-Sgp/Hk/Sidney/Macau/Malaysa.Di Jamin 100% Tembus.Silahkan Anda Hubungi Langsung AKI,BARAKA.Di Nomor{_0_8_2_3_1_0_2_9_6_7_7_7_}Jika Anda Penuh Kepercayaan Dan Keyakinan Silahkan Anda Buktikan Sendiri.Bila Anda Ingin Mengbuah Nasib Anda.Terimah Kasih.Thank'z Roomx Shobath ★

7liveasia mengatakan...

Haduhh... Jam segini masih percaya yang bgtan,, Dicoba kesini aja Gan.. Pasti puas Http://7liveasia.com

bpk roy mengatakan...

UNTUK PREDIKSI TOGEL SG/HK 2D 3D 4D

ADA DI SINIKI SANTANU 082 317 877 775

TERIMA KASIH ROOMNYA SOBAT

Anonim mengatakan...

INDONESIA BELUM MERDEKA....????

SENDAL SANCU mengatakan...

siip postingnya thank you buat yang membuatnya saya acungkan jempol karena terciptanya blog ini barang siapa yang menghabur biru di blog ini ulun kada redho lilahitaala blog ini ini tercipta buat pengetahuan yang lajim dan amun bisa jangan ada propokasi di dalamnya berhati-hati dengan propokasi yang sudah ada di blog ini salam kenal kepada semua yang telah bergabung di blog ini dari Tresia di samarinda kaltim saya pedagang di pasar pagi samarinda lapak di belakang mall mesra indah samarinda Kaltim sebagai pedagang sendal sancu Grosir dan Eceran untuk Melihat Produks bissa Ikuti Tautan ini
http://sendalsancuindonesia.blogspot.com call:0812 5733 099 Tresia

SENDAL SANCU mengatakan...

kekeke hhehhe nah ikam mai ada yang katinggalan nah fb Nya copy tautan ini di andak di brosing lah.. https://www.facebook.com/sancu.sankar.9
unda offline dulu lahh kabur...........

subagio wibowo mengatakan...

assalamualaikum wr, wb….!!!
Sujud syukur saya ucapkan kepada ALLAH SWT dan saya sekeluarga sangat
berterimakasih banyak kepada (MBAH SURAH)
atas bantuannya saya bisa menang togel dan nomor ghoib
yang diberikan MBAH alhamdulillah berhasil tembus..
karna sekarang ini kehidupan saya jauh lebih baik
dari sebelumnya dan semua hutang2 saya sudah pada lunas semua,,!!!
jika anda mau bukti bukan rekayasa
silahkan bergabung dengan MBAH SURAH:
Hubungi MBAH SURAH di No: 0853=9827=3557

insya allah beliua akan menbantu kesusahan
anda apalagi kalau anda terlilit hutang terima kasih….??
KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…


..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
«´ THANKS SOB¨`»
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).. !


assalamualaikum wr, wb….!!!
Sujud syukur saya ucapkan kepada ALLAH SWT dan saya sekeluarga sangat
berterimakasih banyak kepada (MBAH SURAH)
atas bantuannya saya bisa menang togel dan nomor ghoib
yang diberikan MBAH alhamdulillah berhasil tembus..
karna sekarang ini kehidupan saya jauh lebih baik
dari sebelumnya dan semua hutang2 saya sudah pada lunas semua,,!!!
jika anda mau bukti bukan rekayasa
silahkan bergabung dengan MBAH SURAH:
Hubungi MBAH SURAH di No: 0853=9827=3557

insya allah beliua akan menbantu kesusahan
anda apalagi kalau anda terlilit hutang terima kasih….??
KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…


..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
«´ THANKS SOB¨`»
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).. !


assalamualaikum wr, wb….!!!
Sujud syukur saya ucapkan kepada ALLAH SWT dan saya sekeluarga sangat
berterimakasih banyak kepada (MBAH SURAH)
atas bantuannya saya bisa menang togel dan nomor ghoib
yang diberikan MBAH alhamdulillah berhasil tembus..
karna sekarang ini kehidupan saya jauh lebih baik
dari sebelumnya dan semua hutang2 saya sudah pada lunas semua,,!!!
jika anda mau bukti bukan rekayasa
silahkan bergabung dengan MBAH SURAH:
Hubungi MBAH SURAH di No: 0853=9827=3557

insya allah beliua akan menbantu kesusahan
anda apalagi kalau anda terlilit hutang terima kasih….??
KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…


..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
«´ THANKS SOB¨`»
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).. !

Haus Pengetahuan mengatakan...

Pendekar burung ajaib :), ceritanya bagus gan..I Like

Poskan Komentar

BERKOMENTARLAH SECARA BIJAK DAN TIDAK SARA
SARAN KRITIK ATAU REQUEST SANGAT KAMI HARAPKAN
TERIMA KASIH

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons