Kamis, 19 Mei 2011

Sang Peramal Kiamat 21 Mei 2011 Harold Camping, Benarkah Kiamat Akan Terjadi?



Nah apa lagi ini bro? Kenapa seorang yang bernama Harold Camping begitu yakin dengan ramalannya? Dan mengapa cukup banyak orang yang percaya menurut survey The Salt Lake Tribune. Padahal yang kita tahu negara besar seperti Amerika tersebut sulit mempercayai sesuatu tanpa adanya bukti Ilmiah, tapi sudahlah, Osama yang dikatakan sudah tewas saja, sampai sekarang masih belum ada bukti otentiknya, karena apa? Ya karena mereka adalah negara Adi daya, koq nyerempet kemana-mana bro, ups sowy keasykan nulis. Sekarang kita kembali ke ramalannya Harold Camping, Jadi langsung aja dong dibaca, ntar keburu kiamat..hehe.

Kiamat melalui penghitungan matematis kembali mengemuka.Namun benarkah predeksi tersebut?

Kalangan Kristen fundamentalis yang tergabung dalam sebuah jaringan radio di Amerika Serikat mengatakan kiamat lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Lahir pada tanggal 19 Juli 1921, Harold Egbert Camping adalah seorang penyiar radio Kristen dan sekaligus presiden direktur Family Radio (sebuah jaringan siaran agama Kristen yang berbasis di California dan mencakup lebih dari 150 outlet di Amerika Serikat). Ia dikenal luas belakangan ini dikarenakan prediksinya tentang hari kiamat. Camping sebelumnya telah memprediksi hari kiamat akan jatuh pada tanggal 6 September 1994 namun setelah gagal dia mengatakan bahwa dia “salah hitung”.


Kali ini dia mengeluarkan prediksinya yang terbaru, yaitu hari kiamat yang dia yakini akan jatuh pada tahun ini Sabtu 21 May 2011 dan puncaknya Jumat 21 October 2011. Dia juga men-cap prediksinya itu sebagai prediksi “without fail” alias “tidak akan gagal”. Dan hari tersebut tinggal beberapa jam saja lagi.

Camping menggunakan matematika rumit yang diaplikasikan pada Alkitab untuk mencari tau kapan persisnya hari kiamat akan terjadi. Menurut dia, Pengangkatan akan dilakukan bulan Mei ini pada tanggal 21 dan 'akhir kehidupan' alias kiamat yang heboh di masyarakat belakangan ini akan terjadi lima bulan kemudian pada tanggal 21 Oktober. Akan terdapat sekitar 3% dari populasi dunia (sekitar 200 juta orang) akan diangkat. Camping juga mengatakan bahwa orang bijaksana dan berbaik hati juga akan dilindungi dan dibawa ke surga pada hari itu. Selain dari itu, sisanya akan tetap berada di bumi untuk menjalani masa penyiksaan.

Daripada berdiri di sudut jalan dan memberitahu orang-orang tentang teorinya, pesan ini telah dikirim melalui radio dan internet. Peramal hari kiamat ini juga telah menyebarkan pesan-pesannya melalui postcard, papan iklan dan melalui jasa group para pengikutnya. Sebagian orang juga menempelkan pesan pesannya di mobil.

"Karena saya adalah seorang insinyur, saya tertarik dalam angka. Aku penasaran mengapa Tuhan menaruh angka-angka ini atau angka-angka itu di dalam? Ini bukan masalah ketidakpercayaan, tetapi lebih ke sesuatu yang tersembunyi” kata Harold Camping.

Dalam penelitiannya pada Alkitab, dia menyimpulkan bahwa angka lima diartikan sebagai penebusan, angka sepuluh berarti kelengkapan dan tujuh belas adalah surga. Dengan menggunakan tanggal 1 April 33 Masehi sebagai titik awal, Camping menambahkan 1,978 dan mendaratlah pada 1 April 2011, dia kemudian mengkalikan 1.978 pada 365,2422, jumlah hari dalam setiap tahun solar. Setelah itu ia menyadari bahwa terdapat 51 hari antara 1 April dan 21 Mei dan menambahkan jumlah tersebut pada jumlah total pengkaliannya mendapatkan 722.500. Camping kemudian menyadari 722.500 sama dengan [5X10X17] 2  - atau dengan kata lain ia lebih suka menyebutnya: penebusan kali kelengkapan kali surga kuadrat.


Penyiar Family Radio Worldwide yang bermarkas di California, Harold Camping, memastikan penghitungannya untuk  masa akhir dunia. Kesimpulannya, kiamat terjadi pada Sabtu 21 Mei 2011. "Akan terjadi gempa besar di Lautan Pasifik, mayat-mayat terlempar keluar dari kuburan," ujar Camping di laman radionya.

Peristiwa gempa besar ini akan diikuti dengan kekacauan global yang mengerikan. Menurut Harold Camping lagi bahwa manusia masih sanggup bertahan dalam suasana tak menentu tersebut hingga kehancuran total terjadi pada Jumat 21 Oktober 2011.

Camping tak hanya melakukan prediksi. Ia juga mengumpulkan dana untuk membiayai kampanye kiamat melalui baliho hingga iklan di media massa.

Agar orang-orang tahu bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Mei 2011, mereka menggunakan papan iklan dan halte bus, tempat parkir dan relawan, untuk membagi-bagikan pamflet di sudut-sudut jalan. Kota-kota di Bridgeport, Connecticut sampai Little Rock, Arkansas, sekarang memiliki billboard dengan pesan heboh tersebut, dan kelompok-kelompok ini juga memiliki misi perjalanan ke negara-negara Amerika Latin sampai Afrika untuk menyebarkan berita kiamat 21 Mei 2011 di luar AS

"Banyak orang mungkin berpikir, 'Kiamat telah tiba, mari kita pergi berpesta,'" kata Exley, yang merupakan seorang veteran Irak ini. "Tapi kami diperintahkan oleh Tuhan untuk memperingatkan orang-orang, aku berharap aku bisa menjadi seperti orang lain. Tapi jauh lebih baik untuk mengetahui kapan kiamat tiba, Anda akan aman."

Pada bulan Agustus 2010, Exley meninggalkan rumahnya di Colorado Springs, Colorado, untuk bekerja di Oakland, California, tempat dimana sarana pelayanan Gereja Kristen Independen itu berada yaitu Family Radio Worldwide, yang dipimpin Harold Camping, telah menentukan tanggal 21 Mei 2011 sebagai hari kiamat berdasarkan Alkitab.

Dengan pengalaman militer yang ia miliki, Exley tidak mengalami kesulitan untuk menyebarkan pesan menyenangkan itu. Ia dijadwalkan berada di lima kota di North Carolina antara sekarang dan minggu kedua Januari, tetapi Exley akan segera menghilang di luar negeri, di mana ia berharap akhirnya bisa kembali ke Irak.

Selain Marie Exley, ada lagi yang tidak kalah lebih heboh membantu mempublikasikan ramalan menyenangkan kiamat 21 Mei 2011 itu. Dia adalah Allison Warden, 29 tahun, dari Raleigh, telah membantu mengatur kampanye ramalan kiamat tersebut dengan menggunakan billboard, kartu pos dan media lain di kota-kota di Amerika Serikat melalui website bernama wecanknow.com.


Allison Warden tertawa ketika ditanya tentang reaksi orang-orang terhadap pesan yang terpampang di seluruh mobilnya.

"Ini jelas melawan arus, aku tahu itu," katanya. "Kami berharap orang tidak akan mendengarkan ucapan kami, atau ucapan Harold Camping tentang kiamat itu. Kami berharap orang akan mencari Kitab Injil untuk diri mereka sendiri."

Doktrin Pengangkatan mengajarkan bahwa pada akhir zaman, orang percaya akan dibawa ke surga, sementara orang lain (yang tidak percaya pada Tuhan) akan tetap berada di bumi dengan siksaan. Camping percaya bahwa pengangkatan dan penyiksaan itu akan terjadi pada bulan May hingga ke Oktober 2011.

Allison Warden ketika ditanya, bagaimana jika 21 Mei berlalu dan tidak terjadi apa-apa?

"Jika 21 Mei berlalu dan aku masih di sini, itu berarti aku tidak diselamatkan. Apakah itu berarti Firman Tuhan tidak akurat atau tidak benar? Tidak sama sekali," Jawab Allison Warden.

Kepercayaan tentang Yesus Kristus akan kembali ke bumi memang ada tertulis dalam Kitab Wahyu, bagian terakhir dalam Injil Perjanjian Baru, dan Injil Markus dan Matius menyatakan tak seorangpun yang dapat mengetahui hari atau jam kiamat itu akan terjadi.


Prediksi Harold Camping ini sebenarnya bukanlah hal baru. Salah satu prediksi kiamat yang paling terkenal dalam sejarah adalah prediksi seorang pemimpin Gereja Baptis, William Miller, yang memprediksi kiamat pada 22 Oktober 1844, yang kemudian mengecewakan para pengikutnya karena tidak terjadi apapun. Beberapa pengikutnya kemudian mendirikan gereja Advent Hari Ketujuh.

"Di AS, masih ada populasi yang signifikan, sebagian besar Protestan, yang melihat Alkitab sebagai jenis teka-teki, dan teka-teki itu adalah sabda Tuhan dan itu memprediksi kapan akhir zaman akan tiba," kata Catherine Wessinger, seorang profesor di Loyola University, New Orleans, yang mempelajari millennialism, keyakinan akan kiamat tertunda.

"Banyak kali ini mendapatkan traksi nubuat saat kesulitan terjadi di masyarakat," katanya. "Saat ini, ada banyak rasa tidak aman, dan ini adalah janji yang mengatakan tidak semua terjadi secara acak, itu bagian dari rencana Tuhan."

Prediksi masa lalu yang gagal menjadi kenyataan tidak ada hubungannya dengan perhitungan kiamat saat ini, seperti itu kata orang-orang yang percaya akan prediksi kiamat tersebut.

"Ini akan seperti memberitahu Wright Bersaudara bahwa kalau sudah beberapa kali gagal menerbangkan pesawat, Anda tidak harus bahkan mencobanya lagi," kata Chris McCann, yang bekerja dengan Fellowship eBible, salah satu kelompok yang menyebarkan pesan kiamat tersebut.

Untuk orang-orang yang percaya akan ramalan kiamat seperti Chris McCann, menyatakan bahwa itu sebenarnya adalah pesan harapan dan kasih sayang: kasih sayang Tuhan bagi umat manusia, dan harapan bahwa masih ada waktu untuk diselamatkan.


Ramalan Harold Camping pria berusia 89 tahun ini berasal dari pertimbangan yang disebutkan dalam Alkitab. Disitu disebutkan bahwa kiamat terjadi 7.000 tahun setelah banjir besar yang dialami Nuh. Dan sekaranglah Kiamat yang juga akan terjadi pada hari Sabtu 21 Mei 2011 dan puncak kehancuran total pada Jumat 21 Oktober 2011.

Survei yang dilakukan The Salt Lake Tribune atas ramalan ini memperlihatkan 67 persen penganut Kristen Evangelis mempercayai Camping. Sementara 30 persen lainnya menolak untuk percaya. Sisanya mengaku tidak tahu.

Ramalan kiamat 21 Mei ini justru mendapat tentangan dari sebagian kalangan Kristen lain. Mengutip perkataan Yesus dalam Injil Matheus, kalangan penolak ramalan menyebutkan kiamat tidak bisa diprediksi waktunya.

Dalam survei yang sama, terlihat 68 persen penganut Kristen Protestan tak percaya kiamat terjadi pada 21 Mei sementara 30 persen lainnya mengaku percaya. Penganut Kristen Katolik juga senada, sebanyak 61 persen tidak percaya akan ramalan dan hanya 34 persen yang meyakini.

Padahal sebenarnya Camping juga memiliki reputasi buruk dalam urusan meramalkan kiamat. Pria ini juga pernah meramalkan akhir dunia terjadi pada tahun 1994. Namun, tentu saja ramalan tersebut tidak terbukti kebenarannya.
Jadi Siapakah Harold Camping tersebut? Inilah fakta-fakta tentang Camping. 


1. Camping berasal dari Colorado
Camping lahir di Colorado, Amerika Serikat pada 19 Juli 1921. Ketika Camping kecil, keluarganya kemudian pindah ke California. Dia sekolah di University of California, Berkeley, pada 1942 dan mendapat gelar Insinyur Sipil.

2. Camping memulai Family Radio pada 1958
Setelah menyelesaikan sekolahnya, Camping mendirikan perusahaan Family Stations, Inc. Tiga tahun kemudian dia membuat acara Open Forum, acara mingguan ini disiarkan secara live dan dipandu oleh Camping. Para pendengar boleh menanyakan apa saja tentang ayat-ayat di Alkitab.

3. Camping sudah memprediksi pengangkatan orang terpilih di hari akhir
Camping sudah menulis lebih dari 30 buku, satu di antaranya dia menulis buku 1994?. Dia memprediksi pengangkatan hari akhir terjadi pada pertengahan September 1994. Prediksi Camping ini terbukti salah.

4. Camping yakin kiamat terjadi pada 21 Mei 2011
Dalam wawancara di New York Magazine dia tetap yakin kiamat akan datang pada 21 Mei ini. "Ini pasti terjadi, Tuhan tidak sedang bermain. Dan saya yakin kiamat akan terjadi," katanya.

5. Banyak yang meragukan Camping
Camping memiliki banyak pengikut. Bahkan beberapa baliho mendukung prediksi Camping. Satu papan itu terletak di Bridgeton bertuliskan, "Hari Kiamat 21 Mei 2011". Meski banyak yang percaya, tak sedikit juga yang menentang Camping, mereka menyuarakan lewat berbagai blog. 


Jadi apakah kita harus percaya dengan ramalannya Harold Camping tersebut? 

Menurut kalian bagaimana bro?

Sumber : TEMPO , IMROEE,  LIVESCIENCE , SUNTIMES , DENVERPOST

"Semua Bebas di Copy Paste Namun Tolong Sertakan Sumber Beserta Link Backnya Ke blog Ini"

Baca Juga:



10 komentar:

Dewabrata mengatakan...

memangnya dia itu siapa. nabi atau rasul saja bukan, dia cuma manusia biasa yang mempunyai pendapat, kalaupun 2 hari lagi terjadi sesuatu, itu cuma kebetulan saat Allah berkehendak.
Sebagai orang muslim, saya mengingatkan untuk muslim lainya bahwa Kiamat cuma Allah yang tahu kapan waktunya. Malaikat, nabi bahkan rasul termasuk nabi kita Muhammad pun tidak tahu kapan pastinya, beliau hanya tahu akan tanda2 akhir zaman saja.

THE X-FILE mengatakan...

seperti itulah bro kelakuan manusia yang berusaha mencari sensasi,dan akibatnya agama yang di anut peramal tersebut menjadi rancu diantara golongannya sendiri, itu tercermin dari survey yang dilakukan media disana.
dan apa yang anda katakan tentang mengingatkan untuk muslim lainya bahwa Kiamat cuma Allah yang tahu kapan waktunya. Malaikat, nabi bahkan rasul termasuk nabi kita Muhammad pun tidak tahu kapan pastinya, beliau hanya tahu akan tanda2 akhir zaman saja.
semoga menjadi pegangan bagi kita semua sebagai seorang Muslim.
salam blogger bro dan trimakasih.

tAufix mengatakan...

Dari blog misteri (enigma), jadi nyasar ke blog misteri (blog ini). hehehe

...

Klo kiamat terjadi tgl 21 kmaren, mungkin sekarang saya nggak akan bisa berkomentar..hehe

The X-File mengatakan...

@taufix :yup bro, saya hanya menyampaikan apa yg diberitakan oleh orang2 stress di amerika sono..hehe
btw thak's ya koment nya

Anonim mengatakan...

banyak kali cerita kw..
kw pikirin kw yang uda bauk tanah tu..

Tomy mengatakan...

4. Camping yakin kiamat terjadi pada 21 Mei 2011
Dalam wawancara di New York Magazine dia tetap yakin kiamat akan datang pada 21 Mei ini. "Ini pasti terjadi, Tuhan tidak sedang bermain. Dan saya yakin kiamat akan terjadi," katanya.


"INI UDAH TANGGAL 8 JUNI" terbelakang kali mental si kawan tu.... mw mendahului RASUL dan Kuasa TUHAN.....

jd teringat ramalan "mama loreng/lorenz/lores/(ntah apalah) yg katanya si mami 2011 bumi menjadi gelap dan tdk bisa terlihat apapun, byk org beranggapan "kiamat" yg akan terjadi, tp ternyata "ajal" yg menjemput si mami.... ckckckck.....

Anonim mengatakan...

sebagai seorang muslim, saya percaya dan yakin bahwa hanya Allah SWT yang mengetahui kapan tepatnya waktu kiamat akan terjadi. Allah tetap memperingatkan kita melalui tanda-tandaNya yang saya yakin sudah umat Islam ketahui semua.

Riski WHY mengatakan...

ramalan sih ramalan,kalau emang bener tanya pada mereka apa yg terjadi pada diri kita satujam kemudian gauasah jauh jauh sampai meramal kiamat segala,toh hidup dan mati kita sudah ada yg mengatur,,,

Anonim mengatakan...

dasar aki2 nurus tunjung malah ngoceh gak karuan. ki di cariin si nini tuh di suruh ngerokin katanya :D

Anonim mengatakan...

eh udah lewat yah, haha

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH SECARA BIJAK DAN TIDAK SARA
SARAN KRITIK ATAU REQUEST SANGAT KAMI HARAPKAN
TERIMA KASIH

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons